Ruang Dagang Double Track

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli. Mereka membantu masyarakat berbelanja hanya dengan satu klik saja dari rumah sendiri. Sebenarnya online marketplace memiliki konsep mirip dengan pasar tradisional. Pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih mudah. Transaksinya diatur marketplace. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli.

Marketplace mulai popular tahun 1995 ketika eBay mengawali usaha online. Hampir bersamaan adalah marketplace Amazon. Dimulai dengan berjualan buku. Setelah lewat dua dekade, keduanya kini menjual berbagai macam barang; mulai buku, makanan, mainan anak, alat elektronik, furnitur, baju, sepatu, tas, gawai, produk multimedia, bahkan lelang barang. Mereka pun terus berkembang dan beroperasi di negara-negara Amerika, Eropa, dan Asia.

Program SMA DT untuk siswa yang tidak melanjutkan kuliah dirancang dengan memanfaatkan sistem digital sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Program ini memastikan setiap lulusannya dapat bekerja/berwirausaha dengan dukungan teknologi/platform terintegrasi. Mereka akan sangat banyak berhubungan dengan pasar online, baik marketplace maupun online shop.

Ada dua aplikasi online yang akan langsung menangani para siswa peserta SMA Double Track. Yang pertama adalah ruangdagang.net.Aplikasi online ini mewadahi peserta pelatihan yang tertarik di bidang usaha atau entrepreneur. Sarana pengembangan diri dan melatih peserta pelatihan yang tertarik di bidang kewirausahaan dengan menempatkan produk dan jasa di dalam jaringan marketplace USO—usaha sekolah online.
Konsumen dapat menemukan produk-produk kreativitas siswa yang berkualitas dan melakukan transaksi online melalui ruangdagang.net. Sekolah yang mengikuti program SMA DT akan terkoneksi dalam suatu jaringan internet. Ada sekitar 40 sekolah dari 19 kabupaten/kota seluruh Jawa Timur terkoneksi dengan USO marketplace ini. Inovasi ruangdagang mampu mempercepat bertemunya dunia industri dan konsumen dengan memanfaatkan konten yang telah disiapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya media marketplace ini sekolah mampu menerima pesanan produk atau jasa untuk kebutuhan masyarakat, sehingga unit usaha sekolah akan menjadi wadah para siswa belajar teknik promosi, teknik transaksi digital, teknik pengemasan konten dan teknik menghitung biaya.

Yang kedua adalah ruangkarir.net.Ruang karir adalah portal layanan sebagai tempat menemukan beragam informasi karir yang menarik, pembuatan CV (curriculum vitae)digital, resume, dan portofolio yang memuat produk hasil karya yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaaan yang cocok sesuai dengan yang diharapkan. Pada portal ini perusahaan/dunia usaha dunia industri (DUDI) bisa mengiklankan lowongan pekerjaan yang tersedia dan memilih talenta-talenta yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan baik kompetensi, lokasi, maupun bidang ketrampilan. Mitra DUDI double track dapat mencari alumni program di aplikasi ini sehingga menjadi jembatan anra pencari dan pengguna kerja.

Sejalan dengan program SMA DT ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (Keminfo) menargetkan 8 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa terdigitalisasi dengan melibatkan pemerintah daerah dengan dinas-dinasnya. (Kompas, 6 Oktober 2019).

Mereka harus bisa memasarkan produknya dalam jaringan marketplace, sehingga dapat meningkatkan akses pangsa pasar. Program online umumnya melalui empat tahap. Setelah on boarding, kemudian active selling (penjualan secara aktif), skill up (peningkatan kapasitas), dan go public (penawaran publik).
Kendala bisnis lewat online ini terbilang susah karena mengubah pola pikir para pelaku yang masih konvensional. Hal ini menjadi tantangan besar pemerintah. Mengubah mindset UMKM itu susah, dari analog ke digital. Semoga tidak terjadi dengan program SMA DT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.